Monday, May 6, 2013

Musrenbang

binatang apa lagi itu ? di zaman orde baru ada yang dimaksud rakorbang - rapat koordinasi pembangunan. bukankah tiap tiap zaman perlu melahirkan inspirasi baru, kemasan baru, walau berisi konsisten barang lama. musrenbang merupakan akronim dari musyawarah gagasan pembangunan. musrenbang dikerjakan berjenjang, dimulai dari tingkat desa/kelurahan sampai tingkat nasaional. layaknya halnya rakorbang, musrenbang merupakan sesuatu mekanisme untuk menyusun gagasan pembangunan yang udah diulas serta disepakati berbarengan pada pemerintah serta masyarakat acu pada rpjmd ( gagasan pembangunan waktu menengah tempat ).

musim musrenbang kebanyakan berjalan didalam bln. april, untuk gagasan kerja pembangunan tempat ( rkpd ) th. selanjutnya. musrenbang tingkat provinsi sulawesi tenggara, umpamanya, digelar tanggal 15 april 2013. di situ datang wakil menteri/wakil ketua bappenas dr ir lukita dinarsyah tuwo ma sebagai pengarah. gubernur nur alam nampak sumringah. ia mulai suka sebab telah banyak bupati yang datang di acara yang diselenggarakan pemerintah provinsi. kebanyakan diwakilkan pejabat lain. nur alam mengingatkan : “budaya mewakilkan tidak baik. sebagai pamong perlu selamanya melaksanakan prinsip-prinsip kepatuhan serta ketaatan”.

adapun hasil rumusan serta kesepakatan yang dapat dibawa ke musrenbang tingkat nasional, kita tidak pernah memantaunya. satu perihal yang butuh kita tulis perihal dengan event musrenbang merupakan persoalan kualitas proyek-proyek fisik yang dibangun. dikarenakan persoalan kualitas telah sejak lama jadi keprihatinan kita seluruh. terlalu banyak hasil-hasil pembangunan fisik sepanjang ini yang kualitasnya dibawah standar jadi usianya amat singkat.

No comments:

Post a Comment